Susu Bisa Sebabkan Jerawat! Ini Alasannya

Selasa, 15 Januari 2019 - 19:17 WIB
Susu Bisa Sebabkan Jerawat!...
Susu Bisa Sebabkan Jerawat! Ini Alasannya
A A A
JAKARTA - Jerawat merupakan masalah kulit yang kerap dikeluhkan banyak orang, terutama wanita. Bagi kebanyakan orang, jerawat bisa menjadi penghalang dalam kehidupan mereka sehingga perlu mencoba semua jenis pengobatan rumah, obat-obatan hingga diet untuk mengatasi jerawat. Namun, sangat sedikit yang terbukti berhasil.

Dilansir Times Now News, makanan berminyak diyakini dapat menyebabkan jerawat dan masalah kulit lain. Namun, satu kategori makanan tertentu yang sebaliknya sangat bermanfaat bagi tubuh, tetapi menjadi penyebab timbulnya jerawat, yaitu susu.

Susu diyakini menjadi penyebab jerawat. Pada dasarnya, jerawat merupakan benjolan di kulit yang disebabkan ketika kelenjar sebaceous di kulit mengeluarkan minyak berlebih. Minyak ini berkonsentrasi pada satu titik dan menyebabkan benjolan.

Ketika meningkat, kondisi ini dapat menyebabkan rasa sakit, gatal dan kemerahan pada area yang terkena. Beberapa peneliti mengatakan bahwa ini bisa jadi karena hormon yang disuntikkan pada sapi dan kerbau untuk meningkatkan produksi ASI mereka.

Hormon-hormon ini mengganggu hormon dalam tubuh manusia dan menyebabkan jerawat. Susu juga memiliki protein yang bila dicerna menghasilkan hormon yang mirip dengan insulin. Hormon ini juga dipercaya memicu timbulnya jerawat.

Studi lain mengatakan bahwa hormon pertumbuhan yang terkandung dalam susu secara alami memengaruhi keberadaan jerawat pada kulit. Hormon-hormon ini dapat mengganggu hormon yang mempengaruhi jerawat di dalam tubuh dan menyebabkan benjolan di kulit.

Teori lain mengatakan jika susu dikombinasikan dengan makanan olahan lainnya seperti gula, minuman beraroma dan lainnya dapat mempengaruhi produksi insulin di pankreas, yang menyebabkan jerawat.

Beberapa orang juga mengalami jerawat karena laktosa hadir dalam susu. Jika Anda tidak toleran terhadap laktosa, jerawat dapat disebabkan oleh alergi atau gejala dari intoleransi laktosa.

Namun, tidak semua produk susu memengaruhi atau memicu jerawat dalam jumlah yang sama. Dianjurkan untuk minum atau mengonsumsi susu skim sebanyak mungkin karena berisiko rendah memicu timbulnya jerawat.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0589 seconds (0.1#10.140)